Text
Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Penerapan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V Di SDN Durbuk II
Kata Kunci: Media Tiga Dimensi, Minat Belajar, Materi Bagun Ruang.
Kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi bangun
ruang menjadi problematika dalam pembelajaran. Hal ini terjadi disebabkan karena media
yang digunakan kurang menarik dan tidak maksimal sehingga minat peserta didik menurun.
Kondisi demikian membuat pembelajaran terhambat, sehingga perlu adanya cara untuk
meningkatkan minat belajar, salah satunya dengan menggunakan media yang sesuai dengan
pembelajaran matematika materi bangun ruang yaitu media tiga dimensi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada kelas V SDN
Durbuk II Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
yaitu seluruh siswa kelas V SDN Durbuk II pamekasan, yang berjumlah 20 orang yang terdiri
dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Strategi yang digunakan dalan pengumpulan
data adalah tes soal, angket, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam tiga
siklus yaitu pra siklus, siklu I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
media tiga dimensi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukan oleh hasil
presentase minat belajar siswa bahwa indikator minat belajar paling tinggi yaitu pada. a)
siswa antusias dan masuk kelas sebelum pembelajaran dimulai. b) siswa senang dan
memperhatikan penjelasan guru saat menggunakan media tiga dimensi c) siswa antusias
bertanya ketika tidak memahami materi dan lain-lain. Presentase pra siklus 35%, siklus I
yaitu 65% serta pada siklus II naik menjadi 85%. Sedangkan presentase hasil belajar yang
tuntas pada par siklus yaitu 15%, sedangkan siklus I yaitu 50%, dan naik pada siklus II
menjadi 90%.
Tidak tersedia versi lain