Text
Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Melalui Media Audio Speaker Di Mi Miftahul Ulum Desa Ragang Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Hafalan Al-Qur’an Juz 30, Media Audio Speaker
Al-Qur’an Al-karim adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW. yang kekal dan selalu
diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuanAl-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah
Muhammad SAW. untuk mengeluarkan manusia dari alam yang kelam menuju ilmu pengetahuan
serta membimbinng mereka (orang-orang Islam) kejalan yang diridhoiNya. Selain itu al-Qur’an
merupakan kitab suci yang sangat diagungkan karena di dalamnya terdapat nilai-nilai yang penting
untuk dijadikan sebagai pedoman segala aspek kehidupan. Fokus penelitian ini yaitu:1)Bagaimana
Bentuk pelaksanaan Media audio Speaker untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 Di MI
Miftahul Ulum Desa Ragang? 2)Bagaimana peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media
audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang? 3)Apa saja faktor-faktor penghambat dalam
peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa
Ragang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomenafenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini adalah
kepala sekolah dan guru MI MIFTAHUL Ulum Desa Ragang. Adapun prosedur pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pertama Bentuk pelaksanaan Media audio Speaker
untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang Bentuk
pelaksanaan Media audio Speaker untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 dengan
memberikan siswa untuk menghafalkan surah-surah pendek pada juz 30 dengan mendengarkan
Media audio Speaker dan pelasanaanya 2 hari sekali dan setelah siswa mendengarkan dengan
pengulangan medianya selama tiga kali setelah itu siswa diberi waktu untuk menghafal yang sudah
didengarkan tersebut. Kedua peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker
Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang Peningkatan hafalan menggunakan Media audio Speaker alQur’an Juz 30 ada banyak peningkatan dengan adanya media audio speaker siswa sangat antusias
untuk menghafal dan siswa banyak yang menghafal dengan beberapa irama sendiri ada juga yang
mengikuti irama yang ada pada audio yang didengarkan. Ketiga faktor-faktor penghambat dalam
peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa
Ragang Faktornya itu ketika ada siswa yang tidak masuk pembimbimbing harus memisahkan
mereka karena kan materi hafaln yang tidak sudah 2 materi sedangkan yang masuk 1 materi jadi
saya pisahkan lalu diberikan materi yang tertinggal untuk didengarkan dan disetorkan pada hari
itu jugaKata Kunci: Hafalan Al-Qur’an Juz 30, Media Audio Speaker
Al-Qur’an Al-karim adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW. yang kekal dan selalu
diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuanAl-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah
Muhammad SAW. untuk mengeluarkan manusia dari alam yang kelam menuju ilmu pengetahuan
serta membimbinng mereka (orang-orang Islam) kejalan yang diridhoiNya. Selain itu al-Qur’an
merupakan kitab suci yang sangat diagungkan karena di dalamnya terdapat nilai-nilai yang penting
untuk dijadikan sebagai pedoman segala aspek kehidupan. Fokus penelitian ini yaitu:1)Bagaimana
Bentuk pelaksanaan Media audio Speaker untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 Di MI
Miftahul Ulum Desa Ragang? 2)Bagaimana peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media
audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang? 3)Apa saja faktor-faktor penghambat dalam
peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa
Ragang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomenafenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini adalah
kepala sekolah dan guru MI MIFTAHUL Ulum Desa Ragang. Adapun prosedur pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pertama Bentuk pelaksanaan Media audio Speaker
untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang Bentuk
pelaksanaan Media audio Speaker untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 dengan
memberikan siswa untuk menghafalkan surah-surah pendek pada juz 30 dengan mendengarkan
Media audio Speaker dan pelasanaanya 2 hari sekali dan setelah siswa mendengarkan dengan
pengulangan medianya selama tiga kali setelah itu siswa diberi waktu untuk menghafal yang sudah
didengarkan tersebut. Kedua peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker
Di MI Miftahul Ulum Desa Ragang Peningkatan hafalan menggunakan Media audio Speaker alQur’an Juz 30 ada banyak peningkatan dengan adanya media audio speaker siswa sangat antusias
untuk menghafal dan siswa banyak yang menghafal dengan beberapa irama sendiri ada juga yang
mengikuti irama yang ada pada audio yang didengarkan. Ketiga faktor-faktor penghambat dalam
peningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 melalui Media audio Speaker Di MI Miftahul Ulum Desa
Ragang Faktornya itu ketika ada siswa yang tidak masuk pembimbimbing harus memisahkan
mereka karena kan materi hafaln yang tidak sudah 2 materi sedangkan yang masuk 1 materi jadi
saya pisahkan lalu diberikan materi yang tertinggal untuk didengarkan dan disetorkan pada hari
itu juga
Tidak tersedia versi lain