Text
“Implementasi Pembelajaran Interaktif Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang”
Kata Kunci : Pembelajaran interaktif, Metode Tanya jawab, Bahasa Indonesia
Proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode
yang tepat supaya kegiatan pembelajaran terlaksana secara efektif. Salah satunya
seperti pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab sehingga siswa dapat
merespon dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik terutama dalam
pelajaran Bahasa Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) bagaimana
implementasi pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata
pelajara Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. (2)
hasil dari pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. (3) keunggulan
dan kelemahan saat pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru kelas 3 serta siswa kelas
3. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam perencanaan proses
pembelajaran sebelum memulai pelajaran terlebih dahulu guru menentukan topik
pembelajaran, membuat RPP, dalam implementasi pembelajaran interaktif melalui
metode tanya jawab siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
2) Hasil dari pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dan dapat dikatakan cukup bagus dalam meningkatkan keaktifan siswa. 3)
Keunggulan dan kelemahan pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa bisa bertanya tentang apa saja
yang belum mereka ketahui mengenai materi yang sedang dipelajari dan
menumbuhkan kepercayaan diri siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti
pembelajaran. Sedangkan kelemahannya yaitu akan memakan waktu yang cukup
lama apabila tidak menemukan jawaban yang tepat
Tidak tersedia versi lain