Text
Implementasi Supervisi Manajerial Dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Administrasi di MAN 2 Pamekasan,
Kata kunci: Implementasi, Supervisi Manajerial, Kinerja Tenaga Administrasi.
Penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk mengetahui
supervisi manajerial dalam lingkup internal madrasah yang dilakukan oleh kepala
madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Tujuan dari penelitian
ini ialah untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi
manajerial, dan untuk mengetahui proses pelaksanaan supervisi manajerial dalam
peningkatan kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Pamekasan, dari mulai tahap
perencanaan sampai dengan tahap evaluasi.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian
ini, yang pertama yaitu bagaimana perencanaan implementasi supervisi manajerial
dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Pamekasan, yang kedua
yaitu bagaimana proses implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan
kinerja tenaga administrasi di MAN 2 Pamekasan, dan yang ketiga apa saja
evaluasi implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan kinerja tenaga
administrasi di MAN 2 Pamekasan.
Jenis penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif, subjek dari
penelitian ini yaitu kepala madrasah, kepala tenaga administrasi, dan staf tenaga
administrasi madrasah, sedangkan objeknya yaitu implementasi supervisi
manajerial dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi. Dalam pengumpulan
datanya melalui pra penelitian, observasi, dan wawancara, dengan menggunakan
wawancara semi terstruktur, dengan observasi non partisipan, dokumentasi dan
wawancara dengan informan yang berjumlah 3 orang yang terdiri dari informan
utama yaitu kepala madrasah, dan informan tambahan yaitu kepala tenaga
administrasi dan staf tenaga administrasi madrasah. Dalam analisis data peneliti
melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Setelah data dianalisa, hasil penelitian yang dilakukan di MAN 2
Pamekasan diawali dengan tahap perenacanaan oleh kepala madrasah dengan
persiapan yang meliputi perumusan landasan hukum, tujuan dan indikator, hingga
pemilihan pendekatan dan teknik yang akan dipergunakan, supervisi dilakukan
sesuai dengan program tahunan yang sudah dibuat diawal tahun ajaran baru. Pada
tahap pelaksanaan dilakukan dengan pengawasan tidak langsung melalui kamera
CCTV yang sudah terpasang disetiap ruangan yang terhubung dengan monitor
yang ada di ruangan kepala madrasah, teknik yang digunakan yaitu teknik
individu dan kelompok (focus group discussion). Dalam tahap evaluasi kepala
madrasah melakukan rapat evaluasi dalam hal ini yaitu dengan meeting agar staf
administrasi termotivasi secara langsung, dan dapat meningkatkan kinerjanya
Tidak tersedia versi lain