Text
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match dengan Media Power Point Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan
Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil Belajar, Make a Match, Power Point,
Pembelajaran PAI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar
siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal terjadi karena siswa merasa bosan, tidak
percaya diri yang dimiliki siswa. Kondisi tersebut disebabkan karena guru kurang
melakukan variasi pembelajaran, baik itu variasi pada model ataupun pada media
pembelajaran. Sehingga hal itu perlu dilakukan penerapan model dan media
pembelajaran yang menarik yaitu model make a match disertai penggunaan media
power point. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN Bulay 2
Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan yang
berjumlah 23 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas disini
dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Perencanaan yang
dilakukan yaitu menyusun RPP, menyiapkan media pembelajaran dan menyiapkan
lembar instrumen berupa soal tes serta angket. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa model make a match disertai penggunaan media power point dapat
meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulay 2
Pamekasan. Untuk motivasi belajar siswa, skor tertinggi pada siklus 1 yaitu 53 dan
naik pada siklus II dengan skor 55. Untuk hasil belajar siswa nilai tertinggi pada
siklus I yaitu 100 dan siklus II nilai tertinggi tetap 100. Sedangkan untuk presentase
hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 65,2% naik pada siklus II menjadi
86,9%. Untuk presentase motivasi belajar siswa yang tinggi atau lulus pada siklus
I yaitu 69,51%, dan pada siklus II naik menjadi 91,3%. Dari hasil yang diperoleh
tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat
secara signifikan di setiap siklusnya
Tidak tersedia versi lain