Text
Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Publik Speaking Siswa Kelas VI Melalui Program Ceramah di SDI Al-Munawwarah,
Kata kunci: Kepala Sekolah, Public Speaking, Ceramah
Kepala sekolah berperan penting dalam proses pembelajaran serta ketercapaiannya tujuan
pendidikan. Sehingga Kepala Sekolah diharapkan dapat mengatur, mengelola serta mengawasi
berjalannya kegiatan pendidikan dengan baik. Meningkatkan kualitas peserta didik merupakan
salah satu tujuan pendidikan, oleh sebab itu kepala sekolah diharapkan bekerja sama dengan guru
guna meningkatkan kualitas peserta didik, baik dari segi Akademik dan non Akademik. Public
Speaking merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kulitas peserta didik, karena dapat
berguna untuk kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang. Berdasarkan Hal
tersebut, maka terdapat tiga kajian pokok yang penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana
Implementasi Kepala Sekolah dalam mengembangkan Public Speaking siswa Kelas VI melalui
Metode Ceramah di SDI Al-Munawwarah, Kedua, Apa saja Kendala yang dirasakan dalam
mengembangkan Public Speaking siswa Kelas VI melalui Metode Ceramah di SDI AlMunawwarah, Ketiga, dampak Strategi yang digunakan Kepala sekolah dalam mengembangkan
Public Speaking siswa Kelas VI melalui Metode Ceramah di SDI Al-Munawwarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus
deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru serta Siswa. Sedangkan pengecekan Keabsahan data
yang digunakan yaitu perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Kepala sekolah mengadakan Rapat terkait
pembaruaan kegiatan pengembangan Public Speaking melalui Metode ceramah di SDI AlMunawwarah bersama Ustad serta Ustadzah kemudian hasil dari rapat ialah kegiatan dialihkan ke
musholla, hingga terjadi beberapa perubahan. Untuk pengelolaan kegiatan ini ditugaskan kepada
Ustad Fadillah, S.Pd.I. selaku guru keagamaan dibantu Oleh Ustad dan Ustadzah dibawah
pengawasan Kepala Sekolah.Kedua, terdapat 2 kendala yang dirasakan dari kegiatan
Pengembangan Public Speaking siswa ialah dari faktor Internal dan Eksternal. Ketiga, dampak
yang dihasilkan dari kegiatan ini ialah Siswa semakin lebih Percaya diri untuk tampil didepan
umum, bertambah luas wawasan siswa mengenai Ilmu Agama Islam, dapat menemukan Potensi
siswa.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Kepala sekolah dan para guru di SDI AlMunawwarah untuk selalu berkerja sama dalam mengembangkan kegiatan pengembangan public
speaking. Siswa disarankan terus berpartisipasi guna mengembangkan kompetensi, bagi IAIN
Madura d
Tidak tersedia versi lain