Text
Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Negeri 8 Pamekasan,
Kata kunci: Pengembangan Kurikulum 2013, Prestasi Siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan
pengembangan kurikulum 2013 dan bagaimana pengelolaannya. Pada dasarnya setiap hal perlu
direncanakan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. Pengembangan kurikulum merupakan
penyusunan pogram kurikulum mulai dari dasar-dasar kurikulum sampai dengan pedoman
kurikulum. Hal ini memang sudah di rencanakan baik oleh pemerintah pusat ataupun masingmasing lembaga untuk menghadapi proses pembelajaran. Pada dasarnya pengembangan
kurikulum ini untuk mengembangkan komponen-komponen yang membentuk kurikulum itu
sendiri yang terdiri dari tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapaian tujuan, dan
komponen evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari Kepala Sekolah, Waka
Kurikulum dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan Pengembangan
Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi siswa dilakukan dengan dimusyawarahkan
terlebih dahulu atau dirapatkan oleh tim pengembang kurikulum yang dibentuk sebelumnya oleh
kepala sekolah yang terdiri dari 7 orang yaitu kepala sekolah itu sendiri, wakil kepala sekolah,
waka kurikulum, dan beserta beberapa guru. Pengembangan kurikulum di sini dilakukan sejak
adanya perubahan kurikulum dari kurikulum tingkat satuan pendidikan menjadi kurikulum 2013
yang diterapkan sampai saat ini. Acuan dikembangkannya kurikulum yaitu untuk meningkatkan
hasil belajar. Kedua, proses pengembangan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi siswa
dilakukan dengan pengelolaan kelas lebih inovatif dengan mengunakan metode pembelajaran
yang diterapkan oleh guru kepada siswa, selain itu pengembangan materi ajar juga harus inovatif
agar tidak monoton. Ketiga, hasil pengembangan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi
siswa Setelah dilakukan pengembangan kurikulum berdampak bagi hasil belajar siswa yaitu
lebih baik dalam memahami materi dan juga adanya siswa yang berprestasi yaitu lomba mata
pelajaran IPS se Jawa Timur dan lomba puisi serta prestasi-prestasi belajar siswa lainnya. Dan
prestasinya meningkat setiap tahunnya
Tidak tersedia versi lain