Text
peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Menggunakan Media Video Pembelajaran Di Kelas 3 SDN Pasanggar II Kecamatan pagantenan Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci: Media Video, Peningkatan, Hasil Belajar IPA
Peningkatan hasil belajar IPA di SDN Pasanggar II menjadi prioritas
utama. Hal ini dikarenakan pola pembelajaran di SDN Pasanggar II, guru
mendominasi dengan metode ceramah. Pada media pembelajaran yang digunakan
masih minim karena keterbatasan dari kreatifitas guru. Hasil refleksi tersebut
dapat dijadikan sebagai acuan guru kelas 3 bersama guru wali kelas 3
memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai yaitu dengan
menggunakan media video pemebelajaran. Peneliti ini difokuskan pada
penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi sumber energi.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media video. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan
kelas (classroom action research), dan metode yang digunakan adalah metode
deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana hasil yang diinginkan dapat tercapai
pada SDN Pasanggar II Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan.
Hasil penelitian pada siklus 1 didapatkan rata-rata nilai siswa 66,75 dan
jumlah siswa yang tuntas adalah 15 siswa dengan persentase 75%. Sementara itu
siklus II didaptkan nilai rata-rata siswa 77 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 18
siswa dengan persentase 90%. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar
sebanyak 15% dari yang awalnyan 75% menjadi 90% tuntas belajar setelah
menggunakan media video pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan
hasil belajar telah tercapai, karena dikatakan tuntas belajar jika kelas tersebut telah
terdapat lebih dari 85% siswa tuntas belajar. Dengan demikian, penggunaan media
video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sumber energi
di kelas 3 SDN Pasanggar II Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan
Tidak tersedia versi lain