Text
Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Dempo Barat 1 Pasean Pamekasan
Kata kunci: Strategi, kesulitan belajar membaca dan menulis
Berbagai kesulitan belajar dalam proses pembelajaran tentunya menjadi
kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Kesulitan belajar adalah beragam bentuk
masalah yang dihadapi siswa dalam menyimak atau menyerap materi belajar yang
disampaikan. Bentuk-bentuk kesulitan belajar seperti kesulitan belajar membaca
dan menulis. Di SDN Dempo Barat I Pasean terdapat siswa kelas III mengalami
bentuk kesulitan belajar membaca dan menulis. Dengan adanya kesulitan yang
dialami siswa, dibutuhkan strategi guru kelas untuk mengatasi kesulitan tersebut
seperti mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar kemudian strategi yang
digunakan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis
siswa.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran dan penyebab
kesulitan belajar menulis dan membaca siswa kelas III di SDN Dempo Barat I
Pasean. Kedua, bagaimana strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar
membaca dan menulis siswa kelas III di SDN Dempo Barat I Pasean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini adalah guru kelas kepala sekolah dan siswa. Sedangkan,
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan siswa mengalami kesulitan
membaca dan menulis dengan siswa sulit dalam mengenali, mengingat, dan
melafalkan bunyi huruf, sulit dalam mengeja kata atau suku kata, dan biasanya
siswa sulit membedakan bentuk dan bunyi huruf sedangkan dalam menulis siswa
mengalami kesulitan menulis dengan menyalin tulisan dibuku, menjawab soal, dan
mendikte. Siswa merasa bingung dalam penulisan ejaanya lumayan buruk terdapat
kata yang salah saat menulis dan sulit dalam menulis saat di diktedan kesulitan
ketika diminta menyalin tulisan yang sudah ada seperti huruf dalam satu kata
menumpuk dan dalam penggunaan tulisan kapital dan huruf kecil masih tercampur.
Siswa juga merasa malas ketika menulis sehingga menjadi bingung. Penyebab
kesulitan belajar membaca dan menulis siswa yaitu faktor intern dari dalam siswa
itu sendiri dan faktor ekstern dari orang tua siswa sibuk bekerja sehingga tidak
sempat mengajari anaknya dirumah dan orang tua siswa pasrah kepada guru di
sekolah untuk mengajari anaknya padahal dalam hal ini peran orang tua juga sangan
berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa
Tidak tersedia versi lain