Text
Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Media Visual Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Di SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Variasi Media Visual, Pembelajaran Tematik.
Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik yang didasarkan pada ilmu mendidik.Variasi belajar mengajar merupakan upaya yang terencana dan sistematis dalam menggunakan berbagai komponen yang memengaruhi kegiatan belajar mengajar terutama dalam variasi belajar salah satunya menggunakan media pembelajaran seperti media visual. Media visual adalah media yang berkaitan dengan indera penglihatan, contohnya seperti media realia. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Penelitian ini memiliki 2 tujuan penelitian, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam kompetensi pedagogik guru dalam mengadakan variasi media visual pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang, 2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami guru Sekolah Dasar dalam mengadakan variasi media visual pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Penelitian kualitatif berarti mengumpulkan data bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, maupun dokumen resmi lainnya.Penelitian kualitatif melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan prosedur-prosedur, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, menganalisis data secara produktif mulai dari tema-tema khusus ke tema-tema umum, dan menafsirkan makna data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 strategi guru dalam kompetensi guru dalam menggunakan variasi media visual pada pembelajaran tematik di SDN Labuhan 5. Yaitu: 1) Menguasai karakteristik peserta didik, 2) Melaksanakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3) Menggunakan variasi media pembelajaran. Dari ketiga strategi tersebut yang paling sering digunakan oleh guru kelas 3 adalah melaksanakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. kendala yang dialami guru kelas 3 dalam menggunakan variasi media visual pada pembelajaran tematik yaitu: 1) Siswa tidak tenang di dalam kelas, 2) Minat dan bakat, 3) Kurangnya fasilitas media pembelajaran disekolah. Dari ketiga kendala tersebut, kendala yang sering dialami oleh guru adalah siswa tidak tenang di kelas
Tidak tersedia versi lain