Text
Implementasi Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas X MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasa
Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Menulis Teks Berita
Pada proses pembelajaran guru mempunyai peranan penting dalam
meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik. Maka dalam hal ini,
peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran di kelas X MA Al-Islamiyah 1,
Sumber Batu, Blumbungan, Pamekasan. Adapun penelitian ini memiliki fokus
penelitian berupa 1) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks berita
siswa kelas X MA Al-Islamiyah 1 dengan menggunakan media audio visual, 2)
Bagaimana respons siswa kelas X MA Al-Islamiyah 1 setelah diadakan
pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual, dan 3)
Bagaimana kendala penerapan media audio visual dalam kemampuan menulis
teks berita siswa kelas X MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan
Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapatkan peneliti melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
menggunakan metode ceramah dan diskusi pada saat pembelajaran. Dalam hal ini
penerapan media audio visual belum diterapkan sama sekali sehingga kurangnya
ketertarikan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis. Pada saat proses
pembelajaran berlangsung diketahui siswa lebih cenderung bermalas-malasan.
Adapun pada proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual
sebagai media pembelajaran siswa lebih aktif dan lebih fokus dalam
memperhatikan materi yang disampaikan melalui media. Dalam penerapan media
audio visual juga terdapat kendala yaitu keterlambatan siswa, keterbatasan waktu
dan kurangnya persiapan
Tidak tersedia versi lain