Text
Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Mengembangkan Proses Pembelajaran di SMA Plus Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Pendidikan, Pembelajaran.
Pemanfaatan komputer sebagai alat penunjang menjadi sangat penting
megingat efektivitas dan efesiensi yang dapat dicapai. Khusus untuk pengelolaan
sekolah,saat ini pengelola sekolah memiliki ragam pilihan yang kaya dalam
menggunakan aplikasi komputer, mulai dari aplikasi umum hingga aplikasi khusus
untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan sebuah sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana implementasi SIM
pendidikan dalam mengembangkan proses pembelajaran di di SMA Plus Miftahul
Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan, kedua, apa saja faktor-faktor yang
mendukung dan menghambat implementasi SIM pendidikan dalam
mengembangkan proses pembelajaran di SMA Plus Miftahul Ulum Larangan
Badung Palengaan Pamekasan, Ketiga, apa saja manfaat dari implementasi SIM
pendidikan dalam mengembangkan proses pembelajaran di SMA Plus Miftahul
Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa
wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non
partisipan) dan dokumentasi, dengan informan guru dan siswa. Sedangkan untuk
pengecekan keabsahan data melalui triangulasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
sebagian besar guru di SMA Plus Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan
Pamekasan sudah mengimplementasikan SIM dalam proses pembelajaran, karena
SIM sangat berperan penting dalam mengembangkan proses pembelajaran, kedua,
faktor pendukung implementasi SIM adalah guru harus mampu menggunakan
internet dan komputer, dan juga tersedianya sarana seperti komputer, laptop,
proyektor dan juga jaringan internet/ wifi disekolah, sedangkan faktor
penghambatnya yaitu tidak adanya listrik karena padam sehingga tidak tersedianya
jaringan wifi, ketika properti sekolah rusak seperti (komputer, laptop,proyektor dan
lain sebagainya), ketiga, manfaat implementasi SIM dalam proses pembelajaran
adalah menambah skill guru dan juga siswa dalam menggunakan internet dan
computer, menambah wawasan siswa dan menumbuh kembangkan imajinasi siswa
dalam belajar, dan dengan SIM akan menambah referensi-referensi bagi guru dan
siswa tanpa harus membeli buku cetak
Tidak tersedia versi lain