Text
Penerapan Metode Academic Constructive Controversy pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan
Kata Kunci :Metode Academic Constructive Controversy, Pembelajaran Menulis
Teks Eksposisi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dari
menurunnya tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Menurunnya
tingkat partisipasi siswa akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Salah
satu hal yang dapat dijadikan sebagai penunjang untuk menimalisir permasalahan
tersebut adalah dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang lebih inovatif
dan kreatif terhadap kurikulum pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini
bertujuan untuk memaparkan penerapan metode pembelajaran guna menjawab
permasalahan yang terjadi akibat menurunnya partisipasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran.
Fokus penelitian yang dirumuskan oleh peneliti yaitu bagaimana
perencanaan dalam penerapan metode academic constructive controversy pada
siswa kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ? Kedua, bagaimana
pelaksanaan dalam penerapan metode academic constructive controversy pada
siswa kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ? Ketiga, bagaimana hasil
evaluasi dalam penerapan metode academic constructive controversy pada siswa
kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis kualitatif deskriptif.
Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan
sumber datanya yakni, Kepala Sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X
MA Darul Akhlaq. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, guru merencanakan
pembelajaran dengan mempersiapkan RPP, materi pembelajaran dan topik
pembahasan yang akan dijadikan sebagai media dalam penerapan metode academic
constructive controversy. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran guru
menerapkan tahapan-tahapan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode
academic constructive controversy meliputi menugaskan siswa untuk
berkelompok, masing-masing empat siswa dan membentuk pasangan dua orang
dengan posisi pro dan kontra, siswa berdiskusi dengan kelompoknya yang
kemudian dilanjutkan dengan diskusi umum yang melibatkan semua kelompok
yang telah terbentuk, kemudian guru menugaskan siswa untuk menulis teks
eksposisi sesuai dengan hasil diskusi umum yang telah dilaksanakan. Ketiga, hasil
evaluasi dalam penerapan metode academic constructive controversy menunjukkan
bahwa metode ini mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran sehingga memperoleh hasil ketuntasan minimal 90% hal ini
dibuktikan oleh hasil rekap nilai siswa.
Tidak tersedia versi lain