Text
eran Pustakawan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SMK Negeri 3 Pamekasan
Kata Kunci: Pustakawan, Minat Baca, Siswa.
Peran pustakawan dalam menumbuhkan minat baca siswa sangatlah penting
untuk menunjang proses belajar mengajar. Kegemaran dan minat siswa dalam membaca
akan memberikan manfaat bagi kesuksesan belajarnya. Menumbuhkan kebiasaan
membaca dapat dimulai dari perpustakaan. Maka dari itu perpustakaan perlu dikelola oleh
pustakawan agar dapat berfungsi dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, peran pustakawan dalam menumbuhkan minat baca
siswa SMK Negeri 3 Pamekasan; kedua, faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca
siswa SMK Negeri 3 Pamekasan; ketiga, strategi dalam menumbuhkan minat baca siswa
SMK Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan adalah Pustakawan, Guru Pengajar, dan Siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, peran pustakawan dalam
menumbuhkan minat baca siswa SMK Negeri 3 Pamekasan dengan mengelola
perpustakaan dengan baik terutama dalam layanan ruang baca dengan memilih bahan
bacaan bagi pengunjung dan penataan ruang yang sedimikan rupa sehingga pengguna
merasa nyaman dan betah ketika melakukan kegiatan membaca di perpustakaan sekolah.
Kedua, faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa adalah minimnya minat baca
dari siswa itu sendiri dan lingkungan sekolah dimana arus teknologi yang semakin
canggih untuk saat ini menggeser minat siswa terhadap buku dan menjadikan
aktivitas membaca terkesan lebih berat. Ketiga, strategi pustakawan dalam
menumbuhkan minat baca siswa sudah mulai berinovasi dengan menjadikan
perpustakaan sebagai bagian dari kegiatang belajar mengajar, kemudian memberikan
penyuluhan manfaat perpustkaan dan keleksi baru yang dimiliki perpustakaan,
selanjutnya memberikan reward kepada siswa yang rajin membaca di perpustakaan
sekolah. Tentu hal itu memberikan dampak positif bagi siswa untuk membaca dan
terciptanya kegiatan gemar membaca
Tidak tersedia versi lain