Text
Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di MTs AnNur Sana Tengah
Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Terhadap Peningkatan, Minat Belajar Siswa,
Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia dalam penggunaan metode Tanya jawab. Metode
tanya jawab merupakan cara yang diterapkan oleh guru dalam merangsang pikiran
siswa untuk mengingat dan memancing bagaimana siswa memahami pelajaran yang
diberikan oleh guru dengan baik. Metode tanya jawab juga memberikan rangsangan
kepada siswa agar dapat berpikir kritis dan mendorong siswa berusaha dalam
memahami setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini memfokuskan
pada: ada tidaknya pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar
siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah.
Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengumpulan
data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
menggunakan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tanya jawab dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di
MTs An-Nur Sana Tengah tidak memiliki pengaruh bahwa sebelum diterapkan
metode tanya jawab, siswa kelas VIII 30% minat belajarnya rendah dan tidak sesuai
harapan, sedangkan setelah menerapkan metode tanya jawab 32% minat belajarnya
semakin rendah. Sebagaimana hasil dari analisis data yang diperoleh bahwa pertama,
tidak ada pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa
pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah, hal ini
dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja (yakni
0,16) lebih besar dari “r” tabel product moment di mana N=26 dalam interval
kepercayaan 95% diperoleh sebesar 0,388 dan di dalam interval kepercayaan 99%
diperoleh nilai sebesar 0,490, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh antara
variabel X dengan variabel Y.
Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan peneliti menyatakan tidak
ada pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah “tidak
diterima”. Kedua besar pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana
Tengah adalah sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik
yang menunjukkan bahwa “r” kerja yaitu 0,16 berada pada interval 0,00-0,199
Tidak tersedia versi lain