Text
Implementasi Perencanaan Pengembangan Madrasah berbasis e-DUKOTourism di MTs Negeri 3 Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, perencanaan, pengembangan dan eDUKOTourism.
Perencanaan merupakan unsur penting yang memberikan arah dalam
pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Perencanaan
pengembangan disusun melalui tahap merumuskan dengan melibatkan
stakeholder madrasah, kemudian kepala madrasah menetapkan perencaan
program lalu mensosialisasikan perencaan tersebut kepada semua warga
madrasah. Dengan sosialisasi diharapkan tumbuh partisipasi yang tinggi dari
semua stakeholder dalam mensukseskan tujuan yang sudah diputuskan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu bagaimana perencanaan pengembangan madrasah,
implementasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi
perencanaan pengembangan madrasah berbasis e-DUKOTourism di MTs Negeri 3
Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan
pengembangan madrasah, implementasi serta faktor pendukung dan penghambat
dalam implementasi perencanaan pengembangan madrasah berbasis EDUKOTourism di MTs Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak
terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non
partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, guru dan peserta didik.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan pengembangan
madrasah berbasis e-DUKOTourism di MTs Negeri 3 Pamekasan berjalan dengan
efektif dan efisien. Perencanaan pengembangan madrasah ini diawali dengan
menyusun rencana strategis madrasah, kemudian dilanjutkan dengan Evaluasi Diri
Madrasah. Ketiga, kepala madrasah juga menyusun Rencana Kerja Tahunan
Madrasah (RKTM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM).
Implementasi perencanaan pengembangan madrasah berbasis e-DUKOToursim
dapat dikatakan memiliki dampak positif terhadap peserta didik. Pembiasaan yang
baik seperti budaya hidup sehat, menjaga, merawat lingkungan dapat tertanam
dalam diri peserta didik sehingga akan menjadi karakter di dalam kehidupan
sehari-hari dimana pun dia berada. Faktor pendukung dalam perencanaan
pengembangan madrasah berbasis e-DUKOTourism yakni sumber daya manusia
yang mumpuni dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu dana madrasah yang terbatas untuk mengadakan programprogram e-DUKOTourism, sehingga madrasah berinisiatif mencari solusi dengan
membuat produk-produk olahan yang dapat dijual dan memanfaatkan lahan
masyarakat sebagai tempat parkir
Tidak tersedia versi lain