Text
Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Media Gambar Siswa Kelas II di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan
Kata kunci : Kemampuan Menulis, Media Gambar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keresahan bahwa selama ini, Bahasa
Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang mudah akan tetapi, peserta didik masih
sulit untuk memahaminya. dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga
kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran, berupa media
pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Untuk mencari
solusi permasalahan ini perlu adanya terobosan baru, salah satunya menggunakan media
pembelajaran berupa media gambar.
Penelitian ini dilakukan di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan, metode yag
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data
penelitian diperoleh diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
berupa kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal-soal
tes.
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran yaitu
Media Gambar. persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 16,67% sedangkan persentase
ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61,1% meningkat lagi ketentusan siswa pada siklus II
sebesar 88,89%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata
siswa yaitu pada pra-siklus sebesar 48,33 meningkat 63,3 dan meningkat lagi pada siklus II
sebesar 74,72. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan
menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan telah memenuhi indikator kaberhasilan.
Tidak tersedia versi lain