Text
Pengaruh Teknik Cerita Berantai Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu
Kata Kunci: Teknik Cerita Berantai, Keterampilan Berbicara
Keterampilan berbicara adalah kemampuan seseorang dalam
mengungkapkan gagasan berbentuk bahasa lisan. Kegiatan berbicara sudah sering
dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, namun saat ini masih banyak
siswa mengalami kesulitan dalam menunjukkan keterampilan berbicaranya saat
pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu perlu inovasi untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa, salah satunya dengan diterapkannya teknik cerita
berantai yang dapat memotivasi siswa dan juga efektif dalam pembelajaran
berbicara.
Berdasakan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu: (1)
Untuk mengetahui pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu. (2) Untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan berbicara
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian true experimental design dan menggunakan desain posttest-only control
design. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2
Pademawu dengan sampel kelas VII A yang berjumlah 29 siswa dan kelas VII B
yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktik,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara pada
kelas eksperimen dengan diterapkan teknik cerita berantai diperoleh rata-rata
80,07 sedangkan pada kelas kontrol tanpa diberikan teknik cerita berantai
diperoleh rata-rata 68,41. Dengan demikian keterampilan berbicara dengan
diterapkan teknik cerita berantai lebih efektif. Berdasarkan analisis data dengan
rumus uji t diperoleh thitung = 2,156 dan ttabel = 2,052 pada taraf signifikan 0,05
sehingga thitung > ttabel atau 2,156 > 2,052. Hₐ diterima dan H₀ ditolak hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknik cerita berantai terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Terdapat perbedaan
yang signifikan antara nilai keterampilan berbicara di kelas eksperimen yang
diterapkan teknik cerita berantai dengan nilai ketrampilan berbicara di kelas
kontrol yang tidak diterapkan teknik cerita berantai. (2) Teknik cerita berantai
berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kela VII SMP Negeri 2
Pademawu dengan besar pengaruh 17%.
Tidak tersedia versi lain