Text
Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong
Kata Kunci: Pembelajaran, bahasa Indonesia, covid-19
Pembelajaran adalah salah satu kegiatan yang meliputi pentransferan bahasa yakni
didalamnya terdapat orang yang melaksanakan kegiatan dalam mengajarkan sesuatu dan mereka
yang melaksanakan kegiatan dalam menerima sesuatu. Pembelajaran bahasa Indonesia dimasa
pandemi ini berlangsung-Nya baik dirumah ataupun disekolah. Adannya sistem pembelajaran
khususnya, dimasa pandemi covid-19 tersebut diantara sistem yang telah terpakai di Madrasah
Aliyah Sumber Bungur Pakong diantaranya adalah sistem daring, ganjil genap dan luring.
Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, bagaimana
efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemic covid-19 di Madrasah Aliyah
Sumber Bungur Pakong. Kedua, bagaimana inovasi sekolah dalam melaksanakan pembelajaran
bahasa Indonesia dimasa pandemi covid-19. Ketiga, bagaimana kendala guru dalam menerapkan
sistem luring dan daring pada pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi covid-19 pada
pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini melalui wawancara tidak terstruktur didalamNya peneliti melakukan observasi partisipasi, dan dokumentasi, yang menjadi informan adalah
kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan sebagian peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah
Sumber Bungur Pakong.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama,efektifitas pembelajaran bahasa Indonesia di
Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong bisa dikatakan tidak efektif karena masa pandemi
dengan penetapan sistem daring pendidik hanya bisa memberikan materi dan tugas. Peserta didik
membutuhkan penyesuaian dengan berubahnya sistem yang pada dasarnya sistem luring berubah
menjadi daring dan sebagian peserta didik lalai dalam hal tugas sehingga, efektivitas tersebut
dapat dikatakan tidak efektif. Kedua, adannya inovasi sekolah dengan memanfaatkan salah satu
media elektronik dengan tujuan pembelajaran tersebut lebih kreatif dan inovatif. Diantara media
elektronik yang telah terpakai khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah
Aliyah Sumber Bungur Pakong adalah seperti Whatshapp dan Emaspa (elearning madrasah
Pakong) Ketiga, Kendala yang dihadapi saat proses belajar khususnya, dimasa pandemic covid-
19 sebagian peserta didik tidak mempunyai handphone dan jaringan internet kurang stabil
sehingga, guru mengalami kesulitan dalam menuntaskan pembelajaran dan adannya batasan
waktu khususnya di masa pandemi covid-19 dengan kendala tersebut pembelajaran dapat
dikatakan tidak efektif
Tidak tersedia versi lain