Text
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Larangan Badung III Pamekasan
Kata Kunci: Media Pembebelajaran, audio visual, Motivasi belajar
Penerapan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa
pembelajaran berbasis audio visual menjadikan siswa antusias mengikuti
pelajaran yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok
dalam penelitian, yaitu : pertama, bagaimana penerapan media Pembelajaran
berbasis Audio Visual di SDN Larangan Badung III Pamekasan, kedua, Apa Saja
faktor pendukung dan penghambat penerapan media pembelajaran berbasis Audio
Visual di SDN Larangan Badung III Pamekasan, ketiga, hasil penerapan media
pembelajran berbasis audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh
melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi.
Adapun informasi yang diperoleh dari kepala sekolah SDN Larangan Badung III,
Guru kelas V, dan siswa-siswi kelas V. Peneliti mengecek keabsahan data melalui
ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan tekhnik.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan hasil sebagai
sebagai berikut; Pertama, penerapan media pembelajaran berbasis audio visual Di
SDN Larangan Badung III Pamekasan memberikan kemudahan kepada guru
untuk menjelaskan materi yang diberikan kepada murid sehingga dapat membantu
mempermudah siswa untuk belajar mandiri dan penerapan media audio visual
yang dimiliki sekolah dapat memperlancar penerapan media pembelajaran yang
diterapkan di dalam kelas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan
media pembelajaran berbasis Audio Visual di SDN Larangan Badung III
Pamekasan, faktor pendukung penerapan ini meliputi; siswa mudah memahami
materi yang diberikan oleh guru, antusias siswa mengikuti pelajaran yang tinggi,
meningkatnya motivasi belajar siswa, siswa lebih aktif di dalam kelas. Adapun
faktor penghambatnya adalah infrastruktur yang kurang memadai dan media
bahan ajar yang sangat minim.
Tidak tersedia versi lain