Text
Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar
Strategi pengelolaan kelas merupakan bentuk sistem yang memang
diciptakan oleh setiap pendidik (Guru) untuk mengkondisikan suasana kelas yang
kondusif dan terarah di setiap pertemuan. Hal ini dengan maksud supaya proses
belajar mengajar berlangsung tidak terdapat kejenuhan dan siswa antusias dalam
mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar merupakan suatu bentuk dorongan baik
dari dalam maupun luar diri siswa untuk melakukan aktifitas belajar. Maka
dengan adanya strategi pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menjadi
penghubung dalam membentuk sekaligus meningkatkan motivasi belajar siswa
yang pada nantinya akan berdampak kepada prestasi belajarnya baik dari segi
akademik maupun non akademik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian, yaitu: pertama
bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan, Kedua apa faktor pendukung dan penghambat
strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN
Bulangan Haji 1 Pamekasan dan bagaimna solusinya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, tringaluasi, analisis data, dan uraian
rincian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: Strategi Pengelolaan Kelas
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa adalah dengan cara menjaga
kebersihan, penataan meja dan kursi, menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Menerapkan sikap disiplin kepada siswa untuk membentuk akhlak dan
kemandiriannya. Menerapkan metode demonstrasi untuk dijadikan gambaran
kepada siswa dalam melakukan kegiatan. Menggunkan metode pembelajaran
seperti ceramah diskusi tanya jawab agar proses belajar mengajar didalam kelas
tidak bosan. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Pengelolaan
Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa beserta solusinya yaitu faktor
pendukungnya: Guru aktif inovatif dan kreatif dalam menyusun Strategi
Pengelolan Kelas dan Siswa antusias dalam menjalankan arahan dari guru untuk
mentaati semua yang disampaikan. Sedangkan faktor penghambatnya: ada
beberapa kondisi kelas yang kurang memadai untuk dijadikan tempat belajar
karena terdapat kebocoran dan kondisi ruangan yang lembap serta pengap
sehingga siswa kurang nyaman dalam belajar. Solusi ynag diterapkan yaitu pihak
sekolah akan megubah dengan cara memperbarui kondisi ruangan kelas secara
fisik agar tetap tercipta rasa nyaman dalam belajar
Tidak tersedia versi lain