Text
Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Gambar
Dari hasil observasi awal di SDN Larangan Badung 1 guru masih
menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga motivasi siswa untuk
belajar masih kurang. Siswa kurang antusias dalam belajar karena proses
pembelajaran masih bersifat teacher centered, selain itu materi pelajaran IPS yang
disampaikan bersifat teori sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Media gambar
merupakan media pembelajaran yang kooperatif sehingga proses pembelajaran
jadi menyenangkan dan dengan menggunakan media gambar ini dapat mengatasi
rendahnya motivasi belajar siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama Apakah
penggunaan media gambar dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan? kedua
Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III
di SDN Larangan Badung 1 setelah menerapkan penggunaan media gambar?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN
Larangan Badung 1. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada siklus 1 pertemuan pertama menunjukkan rata-rata
persentase motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori kurang sekali yaitu
37,5% dan pada pertemuan kedua rata-rata presentase motivasi belajar siswa
mencapai 57,5%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan meskipun masih belum mencapai indikator
keberhasilan yiatu 75% dalam kategori cukup. Pada pertemuan kedua rata-rata
presentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 85%
dengan kategori baik sekali
Tidak tersedia versi lain