Text
Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui latihan Seni Tari Oleh Guru Kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang
Kata Kunci: Percaya Diri, Latihan, Seni Tari
Anak disekolah dasar pada usia 6 tahun memiliki problem yang berkaitan
dengan rasa kurang percaya diri. Hal ini ditunjukkan dengan sikap ketakutan,
keresahan, khawatir, mudah cemas dan tidak tenang jika menghadapi orang
dewasa, lebih menutup diri, kurang kasih sayang, sering diremehkan dan
dikucilkan, menyebabkan anak lebih cenderung diam sehingga memilih
menyendiri dari kelompok yang dianggap lebih dari dirinya. Perasaan mudah
putus asa.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu
Bagaimana cara peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh
guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Kedua yaitu Bagaimana hasil
peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru kelas 2
SDN Banyuanyar 1 Sampang. Ketiga yaitu Apa saja faktor pendukung dan
penghambat peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru
kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana sumber data
diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa
informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan
pengamatan melalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, memberikan
peningkatan kepribadian rasa percaya diri pada latihan seni tari, memberikan
arahan dalam pelaksanaan latihan seni tari, menyiapkan dua jenis tarian yaitu tari
tradisional dan tari kreasi baru, dan mendampingi proses latihan seni tari untuk
mengikuti perlombaaan. Kedua, mempunyai keyakinan akan kemampuan dirinya
yang secara sungguh-sungguh dalam hal latihan seni tari, selalu optimis dalam
berpandangan baik tentang dirinya dan kemampuannya, bertanggung jawab untuk
segala sesuatu yang telah menjadi konsekuensinya, dan rasional atau realistis.
Ketiga, faktor pendukung peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni
tari oleh guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang, memiliki kondisi fisik dan
mental siswa yang baik, keaktifan dari seorang guru, tempat latihan tari nyaman
dan luas. Adapun faktor penghambatnya yaitu, jumlah siswa yang terlalu banyak,
kemampuan siswa yang memang masih sulit untuk menirukan gerakan tari dan
sarana prasarana yang terbatas
Tidak tersedia versi lain