Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Learning Together Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Pokok Bahasan Bangun Ruang Datar Kelas 5 Sdn Bulangan Barat II Kec. Pegantenan Kab. Pamekasan
Kata kunci: Hasil Belajar, Learning Together, Bangun Ruang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
serta hasil belajar pembelajaran matematika pada mata pelajaran
matematika materi pokok bangun ruang datar dengan menerapkan
metode learning together di SDN bulangan Barat II pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas v SDN
Bulangan Barat II ynag berjumlah 15 siswa. Dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, tes dan menggunakan LKS.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar siswa kelas V SDN
Bulangan Barat II masih rendah sebelum diterapkannya model
pembelajaran kooperatif tipe Learning together yaitu dari 15 siswa
Siswa yang tuntas berjumlah 2 orang dengan presentase 13,3%. Siswa
yang tidak tuntas berjumlah 13 orang dengan persentase 86,67%
dengan rata-rata kelas 54,4. setelah diterapkannya mosel pembelajaran
kooperatif tipe learning together yaitu pada Pos Test I (siklus I) dari
15 siswa, siswa yang tuntas berjumlah 7 orang atau dengan persentase
46,67% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 8 orang atau dengan
persentase 53,3% dengan nilai rata-rata kelas 76. Selanjutnya pada
Pos Test II (siklus II) dari 15 siswa, siswa yang tuntas berjumlah 12
orang atau dengan persentase 80% dan siswa yang tidak tuntas
berjumlah 3 orang atau dengan persentase 20%. Dengan nilai rata-rata
kelas 74. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa semakin
meningkat dan termasuk pada kategori tinggi
Tidak tersedia versi lain