Text
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Konsep Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurus Sholah Batulabang Akkor
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perkembangan Konsep Diri.
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan lebih yang dimiliki seseorang
dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan
emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan
emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat,
memilah kepuasan dan mengatur suasana hati. Kemampuan ini ditandai oleh adanya
dimensi, yaitu kemampuan mengenali diri, kemampuan mengelola emosi,
kemampuan untuk memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan
kemampuan membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan konsep diri
merupakan persepsi dan penilaian seorang individu atas dirinya sendiri secara
menyeluruh, baik fisik, psikologis, maupun sosial. Calhoun dan Acocella membagi
dimensi tersebut menjadi tiga, yaitu pengetahuan, harapan, dan penilaian.
Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian kajian dalam peneletian ini, 1)
Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa
MTs Nurus Sholah Batulabang Akkor? 2) Seberapa besar pengaruh kecerdasan
emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa MTs Nurus Sholah Batulabang
Akkor?. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri
siswa MTs Nurus Sholah Batulabang Akkor. Instrument penelitian menggunakan
kuesioner yang disebarkan pada siswa dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden
di ambil dengan teknik sampling jenuh. Data yang didapat di analisis menggunakan
metode regresi linier sederhana.
Tidak tersedia versi lain