Text
Peran Wali Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas II di SDI Al-Furqan
Kata Kunci: Wali Kelas, Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar adalah gangguan dalam satu atau lebih dari proses
psikologis yang menyebabkan keadaan siswa tidak dapat belajar secara maksimal,
ganngguan ini menyebabkan kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran
secara normal.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi wali kelas dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon. Kedua, apa saja
faktor penghambat dan pendukung wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa kelas II di SDI AL-Furqon. Ketiga, seberapa besar pengaruh peran wali
kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI Al-Furqon.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data yang diperoleh berupa wawancara (terstruktur) kepada
pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan pasif dan terus terang atau samar)
dan dokumentasi, dengan informan wali kelas II, kepala sekolah. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan
peningkatan ketekunan dalam penelitian
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi wali kelas
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon adalah
memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar dan
tidak pernah pantang menyerah, memberikan latihan kepada siswa kelas II sampai
siswa benar-benar bisa mengerjakan, ketika tinggal sedikit siswa yang tidak
paham, wali kelas menerangkan kembali menggunakan pendekatan personal atau
bisa di sebut one by one, serta memberikan waktu khusus pada saat jam istirahat
kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu membaca. Kedua, faktor
penghambat dan pendukung wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa
kelas II di SDI AL-Furqon, faktor pendukung adalah dari orang tua siswa, dalam
diri siswa sendiri dimana siswa sangat semangat dalam melakukan bimbingan
membaca dan berhitung pada saat jam istirahat. Faktor penghambat adalah siswa
yang tidak masuk ke sekolah, kurangnya fasilitas yang memadai, dan teman luar
sekolah atau lingkungan sekitar. Ketiga, pengaruh peran wali kelas dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI Al-Furqon adalah Pengaruh wali
kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu orang tua yang
menyemangatkan dengan cara memberikan motivasi siswa di rumahnya
sedangkan wali kelas yang mengontrol semua pemahaman siswa di sekolah. Jadi
wali kelas mempenyai peran yang lebih besar
Tidak tersedia versi lain