Text
Upaya Pengenalan Literasi Digital Melalui Aplikasi Youtube Pada Siswa Kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Pengenalan Literasi Digital, Aplikasi Youtube.
Penggunaan teknologi digital yang terus berkembang saat ini, baik dari kalangan dewasa
hingga anak-anak sekolah dasar dengan dampak positif serta negatif yang didapatkan mereka
menjadi suatu tantangan khususnya bagi lembaga pendidikan untuk dapat memberikan
pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital, karena banyak siswa yang
menggunakan teknologi digital hanya sebatas hiburan dengan jangka waktu yang lama, maka dari
itu bisa dilakukan suatu pengenalan literasi digital pada siswa melalui aplikasi youtube. Sehingga
dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: pertama bagaimana upaya pengenalan
literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV di SDN Bicorong 2?, kedua
bagaimana penggunaan aplikasi youtube dalam upaya pengenalan literasi digital pada siswa kelas
IV di SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan?, ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam upaya pengenalan literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV di SDN
Bicorong 2 Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah
guru kelas, kepala sekolah dan 5 siswa kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan keajegan pengamatan, dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, upaya dalam pengenalan
literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV dilakukan dengan melakukan
perizinan atau pemberitahuan kepada kepala sekolah, mempersiapkan materi yang akan diajarkan,
menyediakan peralatan yang dibutuhkan, penggunaan aplikasi youtube sebagai media
pembelajaran, pelatihan penggunaan teknologi digital melalui aplikasi youtube, kemudian yang
kedua, penggunaan aplikasi youtube dalam upaya pengenalan literasi digital digunakan ketika
pelatihan dan sebagai media pembelajaran dengan berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki
aplikasi youtube sehingga dipilih guru sebagai suatu media dalam mengenalkan literasi digital
kepada siswa, selanjutnya yang ketiga, adapun faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu
tersedianya sarana dan prasarana, adanya motivasi dan kemampuan guru dalam menggunakan
teknologi digital, antusias dan semangatnya siswa dalam belajar, sedangkan faktor penghambatnya
adalah kurang tersedianya jaringan internet dari sekolah sehingga guru harus menyediakan sendiri,
dan waktu yang lumayan lama sehingga membuat siswa kurang kondusif, dan masih ada siswa
yang tidak mendengarkan guru ketika menjelaskan di depan
Tidak tersedia versi lain