Text
Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang
Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar
Salah satu kunci dari berhasilnya kegiatan pembelajaran ada di tangan seorang guru. Tugas
guru tidak hanya menyampaikan materi saja, akan tetapi guru juga harus mampu mendorong
motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal. Salah satu hal yang dapat
guru lakukan untuk mendorong motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan variasi model
pembelajaran seperti model pembelajaran scramble. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana
perencanaan dalam penyusunan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang, kedua bagaimana penerapan model
pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN
Gunung Sekar 2 Sampang, ketiga bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran scramble
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian sebanyak 28 siswa.
Pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan yang dilakukan oleh
peneliti diantaranya yaitu membuat RPP, mempelajari materi yang akan diajarkan, menyiapkan
media, membuat indikator penilaian, Yang kedua, penerapan model pembelajaran scramble,
yaitu guru menjelaskan materi, guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, guru membagikan
media ajar scramble, siswa berdiskusi dan menyelesaikan tugas tersebut bersama teman
kelompoknya, perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil belajar
kelompoknya, guru memberi penguatan dan kesimpulan, siswa mengerjakan tes dan mengisi
angket. Ketiga, hasil dari penerapan model pembelajaran scramble yaitu adanya peningkatan
motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata hasil tes pada saat pra siklus yaitu hanya 58,21, kemudian
nilai rata-rata siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,92 dan siklus II meningkat lagi
menjadi 84,28. Sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar dari data angket juga mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 84,42% meningkat menjadi 88,28%
Tidak tersedia versi lain