Text
ersepsi Dan Tindakan Guru Terhadap Perilaku Indisipliner Siswa di Mts. Al-Mukhlishin Galis
Kata Kunci : Persepsi, Tindakan Guru, Perilaku Indisipliner
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang berperilaku
indisipliner atau tidak disiplin di sekolah, siswa yang sering melanggar peraturan,
karena kedisiplinan merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa agar dapat
menyelesaikan pendidikan dengan baik dan juga data menunjang kesuksesan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mengenai Persepsi
Dan Tindakan Guru Terhadap Perilaku Indisipliner Siswa di Mts. Al-Mukhlishin
Galis tahun ajaran 2022 untuk memperoleh data yang akurat maka peneliti fokus pada
tiga persoalan yaitu: 1. Bagaimana bentuk perilaku indisipliner siswa di MTs. AlMukhlishin Galis? 2. Bagaimana persepsi dan tindakan guru terhadap perilaku
indisipliner siswa di MTs. Al-Mukhlishin Galis? 3. Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di MTs. Al-Mukhlishin
Galis?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
bersifat deskriptif dan yang cenderung menggunakan analisis. Pengumpulan data
yang diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
data yang digunakan primer dan sekunder, Analisis data yang digunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan yang
digunakan memperpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang di temukan yaitu : Pertama, Ketika diluar jam pelajaran
siswa sudah datang tepat waktu tetapi juga ada yang terlambat, tidak memakai
seragam dengan lengkap, tidak memakai kaos kaki, dasi yang sering dicopot, baju ada
diluar, tidak memakai sabuk celana. Ketika di dalam kelas siswa rata-rata ada yang
mendengarkan, ada yang tidur, ada yang mengerjakan tugas, terlambat memberikan
tugas. Kedua Persepsi dan Tindakan Guru Terhadap Perilaku Indisipliner Siswa di
MTs. Al-Mukhlishin Galis adalah dengan cara menegur, memberi hukuman,
mengingatkan tentang peraturan, memberikan contoh yang baik dan benar, dan
membimbing serta menasehati siswa. Ketiga Faktor Pendukung dan Penghambat
Tindakan Guru dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa di MTs. Al-Mukhlishin
Galis adalah sikap profektif guru dan pihak sekolah dalam menanamkan sikap
disiplin, dan memberikan keteladanan atau kebiasaan yang baik, bersosialisasi dengan
memberikan informasi atau bimbingan. Sedangkan faktor penghambat adalah
kurangnya sarana prasarana, seperti tidak adanya pintu gerbang atau pagar sekolah,
tidak memahami sepenuhnya aturan sekolah, dan rendahnya minat belajar peserta
didik
Tidak tersedia versi lain