Text
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Di MAN 1 Pamekasan,
Kata kunci: Konseling kelompok, Pendekatan Behavior, Prestasi belajar.
Belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap siswa.
Belajar bukan hanya sekedar menerima ilmu pengetahuan saja, akan tetapi dengan
belajar individu tersebut mendapatkan bertambahnya keterampilan, perubahan
sikap maupun perubahan perilaku yang lebih baik. Perilaku sangat mempengaruhi
terhadap proses belajar siswa di dalam kelas. Jika siswa berperilaku baik di dalam
kelas maka prestasi belajar yang diperoleh akan baik, begitupun sebaliknya. Akan
tetapi pada saat ini banyak siswa yang memiliki prestasi rendah karena
berperilaku tidak baik seperti tidak mengerjakan tugas, tidak mendengarkan
penjelasan guru, mencontek, dan tidur pada saat jam pelajaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu adakah efektivitas konseling
kelompok dengan pendekatan behavior terhadap peningkatan prestasi belajar
siswa dan seberapa besar efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan
behavior terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan behavior terhadap
prestasi belajar siswa dan untuk mngetahui tingkat efektivitas konseling kelompok
dengan pendekatan behavior dalam memingkatkan prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen. Subjek yang diteliti sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik yang digunakan yaitu analisis
data statistik non parametrik Wilcoxon. Penelitian ini menggunakan penelitian
non parametrik karena untuk menguji perbedaan skor pre-test dan post-test
apakah ada perubahan tingkat prestasi belajar atau tidak. Analisis data tesebut
menggunakan bantuan SPSS Versi. 25.0.
Tidak tersedia versi lain