Text
upaya guru fiqih dalam menanamkan nilai moral islami kepada siswa melalui shalat dhuha di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Fiqih, Nilai Moral Islami, Shalat Dhuha
Upaya guru dalam menanamkan nilai moral islami kepada siswa melalui
shalat dhuha merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pihak sekolah dan orang
tua siswa, banyak upaya yang dilakukan di sekolah/madrasah untuk mencapai
tujuan yang baik, salah satunya adalah program pembiasaan shalat dhuha dengan
harapan mampu mendorong siswa berperilaku baik dengan merenungkan bacaan
dalam shalat dan pada akhirnya pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan
dibidang moral, dan tentunya jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan
tercermin moral yang baik dalam perilaku sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui upaya guru fiqih dalam menanamkan nilai moral islami
kepada siswa melalui shalat dhuha, tujuan penelitian ini, yaitu: pertama
Bagaimana upaya guru fiqih dalam menanamkan nilai moral islami kepada siswa
melalui shalat dhuha di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong
Pamekasan, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
menanamkan nilai moral islami kepada siswa melalui shalat dhuha di MI
Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis dikarenakan dalam peneltian ini menjelaskan pengalaman yang
subjek dari guru. Prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru fiqih,
siswa/ siswi MI Riyadatul Mubtadiin. Analisis data berupa cheking (pengecekan),
organizing (pengorganisasian), dan coding (pemberian code), sedangkan
pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, tahap
pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru dalam
menanamkan nilai moral islami kepada siswa melalui shalat dhuha di MI
Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, yaitu,1). Guru
memberikan motivasi dan pembelajaran akan pentingnya shalat dhuha dalam
kehidupan sehari-hari, 2). Guru juga melaksanakan program pelaksanaan shalat
dhuha Bersama agar menajdi teladan bagi siswa. Kedua, faktor pendukung dan
penghambat dalam menanamkan nilai moral islami kepada siswa melalui shalat
dhuha di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, yaitu
faktor pendukung, 1). Sekolah menyediakan fasilitas pendukung dalam
pelaksanaan shalat dhuha Bersama seperti mushalla/masjid, perangkat shalat dan
bacaan shalat dhuha.,2). Orang tua memberikan Pendidikan akan disiplin waktu
dalam belajar di sekolah. Faktor penghambat, 1). Kesiapan dalam pelaksanaan
shalat dhuha untuk siswa kelas bawah belum tepat waktu, 2). Keterlambatan siswa
datang ke sekolah
Tidak tersedia versi lain