Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan penyesuaian sosial peserta didik Kelas X IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan,
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Penyesuaian Sosial
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki penyesuaian sosial
yang rendah sehingga banyak terdapat siswa yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan pembelajaran dan masih bergantung kepada guru maupun teman
sekelasnya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu:
pertama, Adakah efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk
meningkatakan penyesuaian sosial peserta didik kelas X IPS di MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan; kedua, Seberapa besar efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian sosial peserta didik kelas X IPS di MA Sumber
Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan eksperimen dengan rancangan preexperimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik
penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel
16 siswa kelas IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang digunakan
adalah uji paired sample T-test.
Tidak tersedia versi lain