Text
Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pintar Literasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I di MI. Miftahul Amin Pasarenan Kedungdung Sampang
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran Papan Pintar Literasi,
Muatan Bahasa Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa
pada muatan Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini, bertjuan untuk menjelaskan media
pembelajaran papan pintar literasi dan hasil penerapan dari media pembelajaran papan
pintar literasi pada muatan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas I di MI. Miftahul Amin Pasarenan Kedungdung Sampang.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI. Miftahul Amin Pasarenan
Kedungdung Sampang yang berjumlah 12 orang. Dalam penelitian ini, peneliti dan
wali kelas I MI. Miftahul Amin Pasarenan Kedungdung Sampang melakukan
kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam
pembelajaran membaca tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2022,
terdapat beberapa tahapan pada setiap siklusnya, diantaranya : 1) kegiatan perencanaan
yaitu menyusun rancangan yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran sesuai
dengan permasalahan yang dihadapi. 2) pelaksanaan, mengembangkan RPP dengan
menggunakan metode artikulasi untuk meningkatkan minat belajar siswa sesuai dengan
perencannaan awalnya. 3) observasi, mengamati pelaksanaan pembelajaran dan proses
pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan
analisis agar bisa mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang akan
dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang didapat oleh peserta didik pada pra siklus,
siklus I, dan siklus II diketahui penggunaan media pembelajaran papan pintar literasi
pada muatan bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas
I di MI. Miftahul Amin pasarenan kedungdung sampang pertama, pra siklus, nilai
siswa mencapai 755 dengan rata-rata 62,91 dan presentase 41,67%. Kedua, Siklus I
dengan jumlah nilai 810 dengan rata-rata mencapai 67,5 dan presentase 50%. Ketiga,
Siklus II dengan jumlah nilai 1.070 dengan rata-rata mencapai 84,58 dan presentase
83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran papan
pintar literasi pada muatan bahasa indonesia dapat meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas I di MI. Miftahul Amin pasarenan kedungdung sampang
Tidak tersedia versi lain