Text
Pengaruh Tingkat Pendidikan Kedua Orang Tua Terhadap Pola Pikir Anak Dalam Mengeksplorasi Mata Pelajaran di Kelas VIII-4 Dan VIII-5 SMPN 1 Larangan,
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pikir Anak
Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha manusia untuk
memanusiakan manusia itu sendiri, yaitu untuk membudayakan manusia atau
untuk memuliakan kemanusiaan manusia dan juga merupakan upaya untuk
mengembangkan kemampuan dan atau potensi diri yang dimiliki sehingga dapat
hidup optimal dengan baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.
Pendidikan sebagai usaha membentuk kepribadian manusia melalui proses
panjang. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah
dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan
tinggi.Selain sekolah, keluarga juga memiki perandan fungsi yang sangat besar
dalam menentukan berbagai hal bagi perkembangan dan kualitas pendidikan
anak, Orang tua yang mempunyai pengetahuan yang luas juga akan
mempengaruhi pola pikir dan pengetahuan anak dalam memahami pelajaran
serta dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Pengetahuan yang luas di
peroleh oleh orang tua biasanya melalui tingkat pendidikan yang
dicapai.Ditinjau dari tingkat pendidikannya ada orang tua yang tingkat
pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.Maka, dengan latar belakang ini peneliti
ingin menguji apakah tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap pola
pikir anak dalam mengekplorasi mata pelajaran dan juga seberapa besar
pengaruhnya
Tidak tersedia versi lain