Text
“Penerapan Metode Lightening the Learning Climate untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III SDN Montok 1 pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1”
Kata kunci: Metode Lightening the Learning Climate, Konsentrasi Belajar Siswa,
Pembelajaran Tematik.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya konsentrasi belajar siswa
ketika proses pembelajaran Tematik Tema 5. Hal ini terjadi karena proses
pembelajaran yang cenderung pasif serta penggunaan metode pembelajaran yang
kurang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, sehingga membuat siswa
cepat bosan terhadap penjelasan guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1)
mengetahui penerapan metode lightening the learning climate dalam meningkatkan
konsentrasi belajar siswa kelas III SDN Montok 1 pada pembelajaran Tematik
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan (2) untuk mengetahui hasil dari penerapan
metode lightening the learning climate dalam meningkatan konsentrasi belajar
siswa kelas III SDN Montok 1 pada pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1
Pembelajaran 1.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
model Siklus kemmis dan robin MC Taggart yang didalamnya meliputi empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Montok 1 tahun pembelajaran
2022/2023 dengan jumlah siswa 25 siswa yang terdiri dari 15 siswa Laki-laki dan
10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
konsentrasi siswa dikatakan meningkat apabila standart minimal pencapaian
mencapai 90%. Dengan KKM 70.
Penerapan metode lightening the learning climate ini di awali dengan
sebuah permainan untuk melatih konsentrasi belajar siswa dan dilanjutkan dengan
penyampaian materi oleh peneliti yang kemudian diakhiri dengan pemberian tes
tertulis atau soal kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil
persentase ketuntasan belajar siswa pada penerapan metode lightening the learning
climate saat tahap prasiklus baru mencapai 36%, lalu meningkat pada tahap Siklus
I menjadi 80% dan mengalami peningkatan lagi pada tahap Siklus II yaitu 96%.
Sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah memenuhi
indikator keberhasilan penelitian pada siklus kedua
Tidak tersedia versi lain