Text
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di MA Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan
Kata kunci : Konseling Kelompok, Self Management, Kecemasan Saat Presentasi
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang memiliki
kecemasan saat presentasi dimana mereka merasa cemas, takut salah, malu, takut
tidak bisa menjawab pertanyaan, takut siswa lain tidak membenarkan tindakannya
sehingga hal ini membuat presentasi tidak berjalan maksimal. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan oleh peneliti
berupa konseling kelompok dengan teknik self management dapat menurunkan
kecemasan siswa saat presentasi. Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian
dalam penelitian ini, 1) Bagaimana keefektivan layanan konseling
kelompokdengan teknik self management untuk menurukan kecemasan siswa saat
presentasi di MA Nurul Ulum 2) Apakah ada perubahan yang signifikan pada skor
kecemasan siswa saat presentasi di MA Nurul Ulum setelah di berikan layanan
konseling kelompok dengan teknik self management
Tidak tersedia versi lain