Text
vitas Layanan Bimbimbingan Klasikal dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di MA Syekh Abdurrahman Rabah
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik Diskusi Kelompok,
Konsentrasi Belajar Siswa.
Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada
saat belajar. Pemusatan perhatian tersebut tertuju pada bahan belajar maupun
proses memperolehnya. Akan tetapi pada kenyataanya, tidak semua siswa
memiliki dan mapu mempertahankan konsentrasi pada saat belajar. Setiap siswa
memiliki tingkat konsentrasi belajar yang berbeda-beda, dimana beberapa diantara
mereka memiliki tingkat konsentrasi belajar yang cukup rendah. Dalam penelitian
ini peneliti merumuskan dua masalah yaitu peneliti ingin mengetahui apakah
layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan
apakah ada peningkatan konsentrasi belajar sebelum dan sesudah dilaksanakannya
treatment berupa layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelmpok.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
analisis data uji paired t-test melalui beberapa metode yaitu memberikan skala
kemampuan konsentrasi belajar, wawancara, dan dokumentasi. Metode skala
digunakan peneliti untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa. Metode
wawancara yang digunakan adalah jenis wawancara semiterstruktur bersama guru
BK. Sedangkan dokumentasi digunakan peneliti sebagai data pendukung, seperti
gambar dan lain sebagainya.
Tidak tersedia versi lain