Text
“Penerapan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Montok 1 pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1”
Kata kunci: Metode Problem Posing, Prestasi Belajar, Pelajaran Tematik.
Dalam suatu pembelajaran, seorang guru mempunyai cara masing-masing
dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswanya. Namun tidak semua
metode yang guru gunakan dapat membuat siswa memahami pembelajaran, siswa
sering mengalami kebosanan saat proses pembelajaran. Hal tersebut bisa
berdampak pada daya fikir siswa, jika siswa hanya dituntut untuk mendengarkan
penjelasan guru maka prestasi belajar siswa tidak akan meningkat karena
pembelajaran tersebut hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin
menerapkan metode Problem Posing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan metode Problem
Posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan kedua bagaimana hasil dari
penerapan metode Problem Posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru kelas IV SDN Montok 1. Analisis data dihitung dengan
pedoman penskoran sederhana dengan mencari persentase keberhasilan indikator
prestasi belajar siswa. Hasil persentase ditentukan oleh hasil Indikator Penilaian
prestasi belajar siswa dari setiap siklusnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode
Problem Posing di kelas diawali dengan penyampaian materi Tematik Tema 3
Subtema 3 Pembelajaran 1, dan dilanjutkan dengan pengenalan metode Problem
Posing kepada siswa yaitu metode untuk mencari dan memecahkan suatu
permasalahan yang terdapat dalam materi pembelajaran. Setelah itu siswa diminta
mengerjakan tugas berupa membuat soal beserta jawabannya terkait materi
pelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1. Kedua, hasil penerapan
metode Problem Posing terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 secara bertahap pada
setiap siklusnya. Untuk hasil persentase pada kegiatan pra siklus yaitu 50%, untuk
siklus pertama meningkat menjadi 77%, lalu terjadi peningkatan lagi pada siklus
kedua menjadi 100%. Dari hasil persentase tersebut bisa dilihat bahwa prestasi
belajar siswa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dan persentase
indikator penilaian daya fikir berhasil mencapai standar minimal pencapaian 90%
pada siklus kedua.
Tidak tersedia versi lain