Text
Kreativitas Guru Bimbingan dan Koseling Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di MAN 2 Pamekasan,
Kata Kunci : Kreativitas, Minat Belajar, Guru Bimbingan dan konseling.
Penelitian ini dilatarbelakangi sebagian siswa yang rendah minat
belajarnya sehingga diperlukan kreativtias untuk memberikan pemahaman dari
guru Bimbingan dan konseling melalui berbagai layanan, metode dan media
dalam BK. Ada dua fokus penelitian yang menjadi acuan dalam kajian penelitian
ini, yaitu: Pertama, bagaimana gambaran minat belajar siswa di MAN 2
Pamekasan?, Kedua, bagaimana kreativitas guru bimbingan dan konseling dalam
mengembangkan minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan
data hasil penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses
pengamatan, dan yang terakhir melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa di
MAN 2 Pamekasan ada dua macam ada yang tinggi dan ada yang rendah. Minat
belajar yang tinggi memiliki ciri sebagai berikut keinginan siswa yang tinggi,
perhatian terhadap pelajaran, ada rasa senang ketertarikan siswa dalam mata
pelajaran selalu bertanya saat tidak mengerti. Minat belajar rendah, memiliki ciri
kebalikan dari yang tinggi seperti kurangnya perhatian dalam mengikuti mata
pelajaran, keinginan belajar rendah, tidak mengerjakan tau telat dalam
mengumpulkan tugas, meanggar peraturan seperti membolos, dll. Faktor yang
mempengaruhi minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu kurangnya
motivasi dalam diri siswa, sarana dan prasarana yang memadai dan faktor
lingkungan seperti pandemi dan pembangunan gedung baru. Kedua, kreativitas
guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat belajar siswa di
MAN 2 Pamekasan layanan yang sering digunakan guru BK MAN 2 Pamekasan
untuk mengembangkan minat belajar siswa yaitu layanan informasi, bimbingan
klasikal, dan konseling individu, teknik/metode yang digunakan guru BK dalam
pemberian layanan ialah menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dan yang
terakhir media yang digunakan, media visual, foto, proyektor, audio, papan
bimingan, pamflet dan leaflet
Tidak tersedia versi lain