Text
Tinjauan Tentang Kesehatan Mental Anak Broken Home di SMP Al-Mujtama’ Plak-Pak Pegantenan Pamekasan
Kata kunci : Kesehatan Mental, Keluarga Broken Home.
Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu permasalahan keluarga
Broken Home karena perceraian merupakan suatu perpisahan antara orang tua
yang menyebabkan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya, sehingga
dapat berdampak pada terganggunya konsentrasi belajar dan terganggunya
kesehatan mental anak.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil dua fokus penelitian
yaitu (1) Bagaimana kondisi kesehatan mental anak Broken Home di SMP AlMujtama’ Plak-pak Pagantenan Pamekasan ? (2) Bagaimana Treatment yang
dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi kesehatan mental siswa yang terganggu
pada kondisi keluarga Broken Home diSMP Al-Mujtama’ Plak-pak Pagantenan
Pamekasan ?
Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan
dan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data menggunakan
wawancara semi struktur dan tidak terstruktur, observasi non partisipan,
dokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data
menggunakan cheking (pengecekan) dan organizing (pengelompokan).
Sedangkan Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Hasil dari penelitian ini yaitu pertama Kondisi kesehatan mental anak
Broken Home di Smp Al-Mujtama’ plak-pak pegantenan pamekasan diantaranya.
a). Positif seperti menjadi pemicu untuk melakukan yang terbaik bagi orang
tuanya di bidang pendidikan b) Negatif seperti menunujukkan perilaku yang
kurang baik di lingkungan sekolah yaitu tidak semangat dalam mengikuti
pelajaran, mementingkan diri sendiri, dantidak bisa menahan amarah.a) Layanan
berdasarkan banyaknya siswa. Pertama layanan individu dengan cara memanggil
siswa yang mengalami Broken Home dan mengenali tingkat rendahnya masalah
yang di hadapi oleh siswa, mencari faktor penyebab dari terjadinya masalah
tersebut. Mencari solusi alternatif. Kedua layanan kelompok dengan cara
memberikan materi tentang Broken Home kesetiap kelas, memberikan penguat
terhadap siswa yang memiliki masalah Terakhir melakukan evaluasi dari
Treatment yang di berikan terhadap siswa. Evaluasi ini berfungsi untuk
mengetahui keberhasilan Treatment yang telah di berikan oleh guru BK
Tidak tersedia versi lain