Text
Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Kata kunci : Fasilitas belajar, prestasi belajar, korelasi
Fasilitas belajar adalah salah satu faktor yang memiliki peranan
penting untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat menghasilkan
siswa yang berkualitas. Tersedianya fasilitas belajar akan memberi
pengaruh positif untuk hasil belajar siswa. Orang yang belajar tanpa
dibantu fasilitas tidak jarang mendapat hambatan dalam menyelesaikan
kegiatan belajar. Semakin lengkap fasilitas belajar yang dimiliki maka
siswa dapat belajar lebih baik, mempermudah, mempercepat dan
memperdalam proses belajar mandiri siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar terhadap prestasi
belajar Fiqih siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan
seberapa besar hubungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Fiqih
siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa Kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah
Pamekasan sebanyak 65 siswa dengan Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini
sejumlah 39,3939 yang kemudian dibulatkan menjadi 40 siswa dari 65
siswa dengan tingkat toleransi kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket (kuisioner), dokumentasi dan observasi langsung.
Uji validitas per butir soal dalam penelitian ini dihitung dengan rumus
korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha
Cronbach. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan teknik
pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan perhitungan
menggunakan bantuan program SPSS 21
Tidak tersedia versi lain