Text
Penerapan Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Pai Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas IV di SDN Bandaran 1 Kecamatan Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci : Penerapan, Ekspositori, Semangat Belajar,
Umumnya, dalam proses pembelajaran di kelas, seorang pendidik masih
menggunakan metode konvensional. Pola dan metode pembelajaran yang
demikian tidak efektif dalam menopang dan mendorong proses belajar dan
semangat belajar siswa. Penerapan metode ekspositori ini dapat meningkatkan
kemampuan berfikir siswa dalam upaya mengeksplorasi pengalaman belajar
siswa. Hal ini karena metode pembelajaran ini berpusat pada siswa, dan
berorientasi pada aktivitas dan kegiatan agar dapat lebih memberikan pemahaman
bagi siswa. Adapun Fokus Penelitin nya ada 2 yakni yang pertama, Bagaimana
penerapan metode ekspositori pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan
semangat belajar siswa kelas IV di SDN Bandaran 1 Kecamatan Tlanakan
Pamekasan. Yang kedua faktor pendukung dan faktor penghambat metode
ekspositori pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan semangat belajar siswa
kelas IV di SDN Bandaran 1 Kecamatan Tlanakan Pamekasan.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi
untuk menganalisi penerapan metode ekspositori dan di SDN Bandaran 1 dalam
upaya meningkatkan semangat belajar siswa.
Melalui metode penelitian di atas di dapatkan dua temuan penelitian
yakni, pertama, Ada beberapa langkah dalam penerapan metode ekspositori yang
diterapkan di SDN Banjaran 1 yaitu: Pertama, menyiapkan materi yang akan
dipelajari. Kedua, mengorelasikan inti materi dengan realitas sosial siswa agar
siswa tidak asing dengan materi yang saya ajarkan. Ketiga, menyisipkan ceritacerita yang memiliki hubungan dengan inti materi yang diajarkan. Keempat,
memberikan kuis demi meningkatkan motivasi dan tolok ukur sukses tidaknya
siswa dalam memahami pelajaran yang diajarkan. Kedua, faktor Pendukung dan
penghambat metode ekspositori pada mata pelajaran PAI dalam tercapaianya
tujuan pembelajaran. Faktor-faktor pendukung tersebut terdiri atas beberpa hal
utama, yaitu SDM guru yang mumpuni dalam menerapkan metode ekspositori
dan ketertarikan siswa pada budaya lisan dalam proses pengajaran. Adapun
faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan metode ekspositori adalah
tuntutan kehadiran siswa yang konsekuen dan sikap siswa yang acuh karena
ketidaksesuaian dengan minat. Hal tersebut dikarenakan hilangnya prinsip
konektisitas dan keberlajutan sebagai dasar dari penerapan metode ekspositori
Tidak tersedia versi lain