Text
Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Membangun Interaksi Sosial Siswa di MTsN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik bimbingan
kelompok dalam menangani siswa yang interaksi sosialnya rendah serta memiliki
kecenderungan sikap tidak tegas dan tidak berani mengungkapkan pendapat
maupun perasaannya terhadap orang, dengan menjadikan MTsN 2 Pemekasan
sebagai lokasi penelitian. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam
penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana gambaran interaksi sosial siswa di MTsN 2
Pemekasan?; 2) Bagaimana penerapan teknik bimbingan kelompok dalam
membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pemekasan?; 3) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2
Pemekasan?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik analisis data yang
digunakan adalah Descriptif Analysis.Untuk memperoleh data, maka digunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur, observasi non
partisipan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya
meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan
kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya, demi
menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan teknik
triangulasi yang meliputi teknik tringulasi sumber dan teknik tringulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa pertama interaksi sosial siswa di
MTsN 2 Pamekasan dapat di kategorikan tinggi dan rendah, Interaksi sosial siswa
secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Kedua Penerapan teknik bimbingan
kelompok dalam membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pamekasan a) Wali
kelas mencatat siswa dikelasnya yang mempunyai interaksi sosial yang rendah dan
dilporkan ke guru BK, b) Guru BK mengumpulkan semua siswa di dalam satu
ruangan, c) Guru BK memberi layanan bimbingan kelompok yang berupa diskusi.
Ketiga Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Membangun Interaksi Sosial
Siswa di MTsN 2 Pamekasan adalah: a) Faktor pendukung terdiri atas: a) adanya
dukungan dari kepala sekolah ; b) Dukungan guru dengan cara memberikan
metode pembelajaran seperti metode diskusi; c) dukungan dari Wali Kelas melalui
motivasi serta arahan kepada siswa yang interaksi sosialnya rendah. adanya kerja
sama antara pihak terkait seperti guru wali kelas dan siswa, b) Faktor penghambat:
a) sikap introvert, b) keterbatasan waktu bimbingan, c) sarana dan prasarana yang
kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain