Text
Urgensi Spiritual Teaching Bagi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah AL-ISLAMIYAH II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Spiriual Teaching, Kretifitas belajar siswa
Penelitian ini berlokasi di Ma Al-Islamiyah II Dusun Bujudan Desa Pamoroh Kecamatan
Kadur Kabupaten Pamekasan yang mana dalam penerapan spiritual teaching sudah
melaksanakan akan tetapi istilah yang digunakan peneliti belum dipahami sehingga ketika
dipaparkan apa yang dimaksud dengan spiritual teaching maka disitu ada kesimbungan antara
istilah yang peneliti sampaikan dengan realita dilapangan.
Dalam penelitian ini ada tiga fokus penelitian yang dikaji : Pertama, Bagaimana peran
seorang guru dalam memahami spiritual teaching di MA AL-ISLAMIYAH II Desa Pamoroh
Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?. Kedua, seberapa pentingkah spiritual teaching bagi
guru dalam meningkatkan kreativitas siswa Madrasah Aliyah AL-ISLAMIYAH II Desa
Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?. Ketiga, apa saja langkah-langkah yang di
lakukan oleh guru dalam mengemplementasikan spiritual teaching di MA AL-ISLAMIYAH II
Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan
teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan
melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek
keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi,
yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2022
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, peran seorang guru dalam memahami
spiritual teaching di MA AL-ISLAMIYAH II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten
Pamekasan. Yaitu: Suri tauladan, ucapan dan praktek. Kedua, seberapa pentingkah spiritual
teaching bagi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa Madrasah Aliyah AL-ISLAMIYAH II
Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Yaitu, Memberikan perhatian terhadap
murid, Memuji terhadap murid, Mengajar disesuaikan terhdap keaadaan murid, Mengajar dalam
setiap tempat dan dalam keadaan yang tepat, Mengajar dengan beragam metode, Mengajar
dengan lemah lembut. Ketiga, apa saja langkah-langkah yang di lakukan oleh guru dalam
mengemplementasikan spiritual teaching di MA AL-ISLAMIYAH II Desa Pamoroh Kecamatan
Kadur Kabupaten Pamekasan. Yaitu: diawali dengan pendekatan spiritual, pendekatan
emosional, pendekatan langsung dan tidak langsung. Sedangkan hambatannya adalah kurangnya
3 M (Mengajar, Mendidik, Membina)
Tidak tersedia versi lain