Text
Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MA Nurur Rahmah Pragaan Daya Sumenep,
Kata Kunci: Konseling Individu, Pendekatan Cognitive Behavior Therapy,
Kepercaayaan Diri Siswa.
Rasa tidak percaya diri ditandai dengan adanya kelemahan-kelemahan yang
ada dalam diri individu dan menghambat dalam pencapaian tujuan hidup. Remaja
atau siswa yang kurang percaya diri akan menunjukkan perilaku seperti, tidak bisa
berbuat banyak, selalu ragu dalam menjalan tugas, tidak berani berbicara jika tidak
mendapatkan dukunngan, menutup diri, cenderung sedapat mungkin menghindari
situasi komunikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan
yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: apakah pendekatan Cognitive
Behaviour Therapy (CBT) efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di
MA Nurur Rahmah.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen one group pre-test postest. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan
konseling individual dengan teknik cognitive behavior therapy (cbt) kepada siswa
yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sumber data yang diperoleh
melalui hasil angket, observasi, dan dokumentasi. Data utama dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPS MA Nurur Rahmah sedangkan informan internal dalam
penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas XI IPS.
Tidak tersedia versi lain