Text
Analisis Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan
Kata Kunci: Bil Qolam, Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Tajwid
Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid
diperlukan berbagai macam metode pembelajaran. Metode Bil qolam memiliki
kelebihan bila dibandingkan dengan metode lainnya karena metode ini
membimbing siswa untuk pembelajaran Al-Qur’an mulai dari huruf per huruf.
Tujuan penelitian adalah pertama, untuk menganalisis implementasi
metode Bil qolam dalam pembelajaran ilmu tajwid di PP. Nurul Hidayah
Sumbermanis Kowel Pamekasan. Kedua, untuk menganalisis faktor pendukung dan
faktor penghambat implementasi metode Bil qolam dalam pembelajaran ilmu
tajwid di PP. Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis
deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Perencanaan dilakukan secara tidak
tertulis dan menggunakan informasi pengumuman yang disampaikan ke santri.
Pelaksanaan bil qolam dilakukan pada hari Senin sampai Kamis setelah sholat
Maghrib dan sholat Subuh. Jika ustadz berhalangan, maka akan digantikan pada
hari lain biasanya pada hari Ahad. Lama pelaksanaan sekitar 1 jam. Tenaga
pengajar membaca terlebih dahulu dan memberikan beberapa penjelasan dan
penekanan pada bacaan yang sulit kemudian diikuti oleh santri secara bersamasama. Kemudian santri mengucapkannya secara bergantian dengan diawasi oleh
pengajar. Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di pesantren dilakukan dengan
menggunakan buku catatan yang mencatat hasil pembelajaran santri. Kedua, Faktor
pendukung pelaksanaan metode bil qolam adalah Pertama, semangat santri yang
tinggi. Kedua, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga, ketekunan
santri yang tinggi. Keempat, motivasi dari teman sekolah umumnya serta motivasi
dari masyarakat lingkungan pondok. Kelima, ustadznya penuh semangat dan
kesabaran. Sedangkan faktor .penghambat penerapan metode bil qolam adalah
pertama, banyak yang baru tahu tentang metode bil qolam. Kedua, karena di metode
bil qolam ada lagu tersendiri 4 instrumen khas PIQ Singosari Malang, jadi
terkendala dilagu. Ketiga, sebagian santri ketika sedang belajar metode ini,
terkadang ada yang males belajar, ada yang terganggu sesama santrinya, ada yang
tidak fokus dalam pembelajaran berlangsung, baik sedang memikirkan
permasalahan yang diluar atau sedang memikirkan tugas sekolahnya, sehingga
materi dalam pembelajaran tersebut tidak diterima dengan baik.
Tidak tersedia versi lain