Text
Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counter Point (PCP) Dalam Mata Pelajaran Fiqh di Kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Point Counter Point, Mata Pelajaran Fiqh
Strategi pembelajaran merupakan upaya terencana dan tersusun termasuk juga
dalam penggunaan metode dan pemanfaatan dari berbagai sumber daya yang ada dalam
proses pembelajaran. Point Counter Point (PCP) merupakan suatu cara dalam proses
pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk aktif dalam
berargumen dari problem yang ada dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut
maka ada dua rumusan masalah yang menjadi pokok kajian penelitian ini. Pertama,
Bagaimana penerapan strategi pembelajaran point counter point pada mata pelajaran
fiqh di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana hasil dari penerapan
strategi pembelajaran point counter point pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTs
Negeri 1 Pamekasan.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK)
yang mana jenis PTK ini dilaksanakan dalam 1 siklus saja. Dengan subjek
penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas VIII-A sebanyak 30 orang di MTsN 1
Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi/pengamatan,
kuesioner terbuka, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan hasil data diperoleh dari
hasil kuesioner terbuka/tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan strategi
pembelajaran Point Counter Point (PCP) pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTs
Negeri 1 Pamekasan, yaitu 1) Membentuk kelompok kecil sebanyak 6 kelompok. 2)
Memberikan arahan mengenai pembelajaran yang berlangsung. 3) Membimbing siswa
belajar supaya cepat memahami materi yang disampaikan. 4) Memberi peluang kepada
siswa bertanya mengenai materi yang belum dimengerti. 5) Memberikan pujian
sehingga membuat semangat siswa semakin bertambah. Kedua, penerapan strategi
pembelajaran point counter point dalam mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTsN 1
Pamekasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus yakni
mendapat 36,66% (rendah) pada siklus 1 pertemuan pertama meningkat menjadi
56,66% (sedang) dan pada siklus 2 pertemuan kedua juga mengalami peningkatan
sehingga menjadi 86,66% (sangat tinggi). Sedangkan untuk rata-rata nilai juga
mengalami peningkatan yaitu pada saat pra-siklus mendapat 69,06 (tinggi). Pada siklus
1 pertemuan pertama meningkat menjadi 76,4 (tinggi) serta pada siklus 1 pertemuan
dua juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 86,66 (sangat tinggi)
Tidak tersedia versi lain