Text
Peran Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan,
Kata Kunci: Kondisi Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman kondisi ekonomi keluarga
siswa SMPN 2 Larangan Pamekasan. Keragaman latar belakang ekonomi orang tua
tersebut dapat berpengaruh pada kemampuannya untuk membiayai dan
menyediakan fasilitas bagi anak- anaknya, sehingga keadaan ekonomi keluarga
merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan terutama
dalam motivasi, prestasi dan hasil belajar siswa. Dari uraian di atas penulis tertarik
melakukan penelitian dengan judul “Peran Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap
Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan”. Adapun fokus dalam
penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa di SMPN 2
Larangan Pamekasan?, 2) Bagaimana peran kondisi ekonomi keluarga terhadap
motivasi belajar siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan?, 3) Faktor apa saja yang
mendukung dan menghambat upaya guru BK dalam mengatasi rendahnya motivasi
belajar siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan
kualitatif deskriptif. Pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data
secara sistematis untuk mengamati tentang Dampak Ekonomi Kondisi Keluarga
Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Larangan. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru BK, peserta didik, serta orang tua siswa.
Data tersebut dirumuskan dalam bentuk transkip wawancara dan catatan,
pengamatan lapangan, serta dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini
reduksi data, pengecekan, editing data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini yaitu 1) Gambaran motivasi belajar siswa di
SMPN 2 Larangan Pamekasan beragam yaitu ada yang motivasi belajarnya tinggi
dan ada juga yang rendah. Namun, sebagian besar siswa sudah bisa meningkatkan
motivasi belajarnya baik di dalam kelas atau di luar kelas. 2) Peran kondisi ekonomi
keluarga itu sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar anak. Karena anak sangat
membutuhkan dukungan dari orang tua saat belajar di sekolah ataupun dirumah
seperti terpenuhinya fasilitas yang dibutuhkan yang dapat memudahkan siswa
dalam belajar. 3) Faktor pendukung upaya guru BK dalam mengatasi rendanya
motivasi belajar siswa yaitu adanya ruang kelas, ruang BK dan ruang konseling,
serta adanya kerja sama yang baik antara semua elemen sekolah . sedangkan faktor
penghambatnya antara lain perbedaan karakter siswa dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran yang menyebabkan sebagian kecil siswa kurang fokus ketika
pelaksanaan bimbingan konseling yang diberikan oleh guru BK di dalam kelas
Tidak tersedia versi lain