Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kedisiplinan Siswa
Bimbingan kelompok adalah pemberian bantuan kepada konseli /peserta didik melalui
kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 2-10 orang untuk maksud pencegahan masalah,
pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan. Dalam
bimbingan kelompok terdapat berbagai asas salah satunya yaitu asas kerahasiaan, para
anggota harus menyimpan dan merahasiakan informasi apa yang dibahas dalam kelompok,
terutama hal yang tidak layak di ketahui orang lain.Salah satu teknik yang dilakukan dalam
bimbingan kelompok yaitu teknik Role Playing. Teknik Role Playing merupakan sebuah
upaya pemecahan permasalahan yang berhubungan kehidupan interaksi sosial dan melalui
sebuah peragaan tindakan atau bermain peran.
Sedangkan kedisiplinan merupakan kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua
peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku.Orang yang disiplin tentunya sudah memiliki
pondasi karakter dalam berbangsa dan negaranya, kedisiplinan dalam proses pendidikan
sangat diperlukan karena dengan adanya disiplin dapat menjaga proses belajar mengajar
dengan baik.
Sesuai dengan pemaparan diatas, maka rumusan masalah yang terkandung dalam kajian
penelitian ini yaitu apakah bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk
meningkatkan kedisiplinan siswa dan apakah ada perubahan pada tingkat kedisiplinan siswa
setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dimana awal
pertemuan peneliti menyebarkan skala kedisiplinan agar mengetahui tingkat kedisiplinan
siswa kemudian diberikan treatment berupa teknik role playing dan diakhiri dengan
pengukuran kembali menggunakan skala kedisiplinan agar peneliti tahu perbedaan skor
kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : bimbingan kelompok dengan teknik role
playing efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Tingkat efektivitas bimbingan
kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IX
dengan rata-rata nilai peningkatan 4,50, yang hal itu dapat dibuktikan dengan nilai
Asympig.Sig yaitu 0,012 yang lebih kecil dari 0,05 yang artinya ada peningkatan yang
signifikan nilai antara pre-test ke post-test
Tidak tersedia versi lain