Text
Studi Fenomenologi Dampak Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan
Kata kunci: Dampak, Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi
interpersonal karena jika siswa tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik,
siswa akan merasa kurang percaya diri sehingga tidak bisa bersikap santai,
gugup,dan tidak terkendali sehingga menghambat pada perkembangan sosialnya
dan proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut ada 3 fokus penelitian yang menjadi acuan pada
kajian penelitian, yaitu: pertama bagaimana bentuk komunikasi interpersonal siswa
di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Kedua bagaimana bentuk kepercayan diri
siswa di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Ketiga bagaimana dampak
komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri siswa di MTs Al-Falah
Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu,
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan
keabsahan data hasil penelitian, Peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, bentuk komunikasi
interpersonal siswa yaitu. Komunikasi interpersonal siswa yang rendah berasal dari
diri individu yang tertutup. Sedangkan siswa yang tergolong kemampuan
komunikasi interpersonal tinggi, cenderung siswa yang memiliki kepribadian
terbuka, sikap empati, dan sikap mendukung. Kedua, bentuk kepercayaan diri siswa
yaitu. Kepercayaan diri siswa yang rendah, dilihat dari perilaku siswa yang tidak
yakin akan kemampuan dirinya, tidak memiliki sikap positif tentang
kemampuannya dan tidak suka mencoba sesuatu hal yang baru serta tidak mampu
bergaul dengan teman sebayanya. Kepercayaan diri siswa yang tinggi, dilihat dari
perilaku siswa yang memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya, memiliki sikap
positif, selalu mencoba sesuatu hal yang baru serta mampu menyesuaikan diri
dengan baik. Ketiga, dampak komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri
siswa, terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positif: siswa semakin berani
dalam mengemukakan pendapatnya, berani berbicara didepan umum, punya
banyak teman, dan lebih memperlakukan teman dengan baik,. Dampak negatif :
siswa semakin tidak berani mengemukakan pendapatnya dan semakin ragu dalam
menjawab pertanyaan dari guru,
Tidak tersedia versi lain